Minggu, 19 Desember 2010

Pembelajaran Kontekstual

7 komponen utama pembelajaran kontekstual

  • komponen konstruktivisme (constructivism) ; sebagai filosofis (kembangkan pemikiran bahwa pebelajar akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan sendiri, dan mengkonstuksi sendiri pengetahuan dan ketrampilan barunya).
  • komponen inkuiri (inquiry) ; sebagai strategi belajar (laksanakan kegiatan inkuiri untuk mencapai kompetensi yang diinginkan di semua bidang sttudi).
  • komponen bertanya (questioning) ; sebagai keahlian dasar yang dikembangkan (bertanya sebagai alat belajar: kembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya).
  • komponen masyarakat belajar (learning community) ; sebagai penciptaan lingkungan belajar (ciptakan masyarakat belajar / dalam kelompok).
  • komponen pemodelan (modelling) ; model sebagai acuan pencapaian kompetensi (tunjukkan 'model' sebagai contoh pembelajaran; benda-benda, karya inovasi, dll).
  • komponen refleksi (reflection) ; sebagai langkah akhir dari belajar (lakukan refleksi di akhir pertemuan agar pembelajar 'merasa' bahwa hari ini mereka belajar sesuatu).
  • komponen penilaian yang sebenarnya (authentic assessment) ; lakukan penilaian yang sebenarnya; dari berbagai sumber dan dengan berbagai cara.
Sumber: Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam kbk. Malang: UM Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar